Pelangi Makanan

Apa yang kamu pikirkan saat berbicara tentang pelangi? Warna-warni, keindahan, dan hal-hal menarik lainnya.

Lalu apa yang kamu pikirkan tentang pelangi makanan? Kalau yang kamu pikirkan itu rainbow cake berarti kurang tepat. Karena pelangi makanan disini adalah sebuah konsep menyusun pola makan sesuai warna-warni pelangi. Para pakar gizi merekomendasikan agar kita mengonsumsi sedikitnya lima jenis bahan pangan berwarna alami setiap harinya, yakni merah, putih, biru/ungu, kuning dan hijau. Bahan makanan yang berwarna-warni itu dikarenakan memiliki zat warna atau pigmen fitokimia. Warna-warni makanan itu memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh dan melawan penyakit.

 

Merah

Sayuran dan buah berwarna merah pada umumnya mengandung kapsaisin dan likopen sebagai antioksidan yang bermanfaat mencegah kanker serta baik untuk kesehatan mata dan jantung. Contoh buah dan sayuran berwarna merah : semangka, tomat, strawberry.

Putih

Sayuran dan buah berwarna putih juga mengandung banyak manfaat salah satunya sebagai sumber serat, dan kalsium serta bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga tekanan darah. Buah dan sayuran berwarna putih antara lain bunga kol, sawi putih, bawang putih, jamur, sirsak.

Ungu/Biru

Antosianin yang terdapat pada golongan makanan berwarna ungu atau biru bermanfaat untuk anti radang, perlindungan pada sel otak dan pembuluh darah, juga dapat memperlambat proses penuaan, terutama resiko penurunan daya ingat. Kelompok makanan ini seperti ubi ungu, terong, blueberry, buah bit.

Kuning/Oranye

Buah dan sayur berwarna kuning dan oranye mengandung beta karotene yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan baik untuk kesehatan mata. Dan mengandung vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh serta keindahan kulit. Banyak sekali buah dan sayuran berwarna ini yang sering kita jumpai dipasar, misalnya wortel, jeruk, jagung, mangga, nanas.

Hijau

Si hijau ini mengandung khlorofil dan glukosinat. Selain brokoli, bayam, kacang polong dan paprika hijau, kandungan yang serupa juga terdapat pada buah kiwi dan apel hijau. Sel tubuh, sel otak, dan sistem imun kuat serta produksi sel darah merah meningkat akan kita peroleh jika rutin menyantap si hijau yang menyegarkan itu.

Yuk kita mulai biasakan konsumsi pola pelangi makanan ini.

 

Sumber

https://id.theasianparent.com/sehat-melalui-kombinasi-warna-makanan

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *