Teh vs Kopi

Kopi dan teh adalah minuman yang banyak di gandrungi dari usia muda sampai usia tua. Termasuk saya dan keluarga yang sering sekali mengkonsumsi minuman tersebut. Karena keduanya sama-sama enak dan cocok diminum di segala suasana. Apalagi sekarang berjamur cafe yang menyuguhkan kopi dan teh sebagai primadonanya. Dicampur dengan bahan dan toping lainnya. Sebenarnya kedua minuman ini menyehatkan namun tetap saja tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak.

Berikut adalah beberapa manfaat dan resiko dari mengkonsumsi kopi dan teh.

 

Manfaat Teh

  • Menjaga Kepadatan tulang

Peminum teh secara teratur juga memiliki kepadatan tulang yang lebih tinggi sehingga memperlambat terjadinya pengeroposan tulang.

  • Menurunkan resiko kanker

Penelitian lain juga telah menemukan bahwa peminum teh memiliki peluang yang lebih rendah untuk mengalami kanker.

  • Memelihara kesehatan gigi

Meskipun menyesap teh sepanjang hari bisa sedikit menodai gigi, namun teh hijau memiliki efek anti-bakteri yang dapat mengurangi bakteri pembentuk rongga di mulut. Minum teh hijau setiap hari juga bisa membuat gigi berlubang tidak terlalu parah.

  • Mengurangi resiko penyakit Alzheimer dan Parkinson

 

Resiko Teh

  • Obat bisa jadi tidak berfungsi

Teh mungkin memiliki banyak manfaat, namun catechin dalam teh dapat mengganggu beberapa obat antara lain obat jantung dan tekanan darah.

  • Gelisah

Kafein memang akan memberikan dampak yang berbeda-beda pada setiap orang. Maka, kebanyakan minum teh bisa menyebabkan sebagian orang merasa gelisah, cemas, dan tidak tenang karena kandungan kafein dalam teh. Beberapa orang juga merasa pusing, sakit kepala, dan dada berdebar-debar sehingga tubuh pun jadi sangat tidak nyaman.

 

Manfaat Kopi

  • Mengurangi tingkat stres dan depresi
    Apabila seseorang sedang merasa depresi karena pekerjaan yang menumpuk atau sedang dikejar deadline tugas, kopi merupakan salah satu minuman yang pas untuk mengobati dan mengurangi perasaan tersebut. Buatlah secangkir kopi hangat sesuai selera kalian, setelah itu pasti akan merasakan perasaan rileks, bahagia dan lebih semangat untuk melanjutkan aktivitas kalian kembali.

 

  • Mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2

Beberapa peneliti menunjukan bahwa semakin sering Anda meminum kopi tanpa gula, semakin kecil kemungkinan terkena risiko diabetes tipe 2. Khasiat kopi dianggap bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan glukosa yang penting bagi metabolisme tubuh, serta mencegah hancurnya proses produksi sel insulin. Selain itu, kopi meningkatkan kadar protein yang disebut hormon seks pengikat globulin dalam darah (sex hormone binding globulin/SHBG), yang memberikan perlindungan terhadap diabetes tipe 2 pada orang yang kelainan genetik.

  • Meningkatkan daya ingat

Tidak bisa dimungkiri, bila usia seseorang bertambah maka daya ingatnya akan berkurang. Hal itu bisa diatasi dengan mengonsumsi kopi lho. Jadi kalau sudah mulai sering lupa, maka kopi merupakan salah satu cara yang paling baik dan aman untuk meningkatkan kembali daya ingat kalian.

  • Melindungi hati

Kopi ternyata  bisa melindungi hati dari sirosis, terutama oleh serangan sirosis yang biasanya disebabkan kecanduan minuman keras atau beralkohol.

 

Resiko Kopi

  • Menyebabkan insomnia

Kebanyakan orang tahu, jika meminum kopi bisa menghilangkan rasa ngantuk, akan tetapi bila kamu sering mengkonsumsi kopi, biasanya kamu pun akan kesulitan dalam tidur, karena kamu tidak lagi memiliki rasa ngantuk.

  • Bisa meningkatkan asam lambung

Bila orang yang minum kopi dengan dosis yang banyak atau berlebihan, maka orang tersebut akan mudah mengalami kegelisahan dan kadar keasaman yang terdapat dalam kopi bisa meningkatkan asam lambung di tubuh kita.

 

Baik kopi ataupun teh memiliki banyak manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh namun tetap perlu diperhatikan kandungan kafein dalam jumlah yang berlebihan tidak bagus bagi tubuh kita hal ini pun dapat menyebabkan sebuah kematian, bila kamu seorang penggemar kopi ataupun teh lebih baik diimbangi dengan banyak minum air putih yang banyak.

Jadi kamu termasuk tim kopi atau tim teh???

 

 

Sumber :

https://banjarmasin.tribunnews.com/2019/11/13/8-manfaat-minum-teh-setiap-hari-bagi-kesehatan-dan-4-risiko-mengonsumsi-teh-untuk-tubuh

https://jagad.id/bahaya-dan-manfaat-minum-kopi-hitam-setiap-hari/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *