Mensyukuri Hal Kecil

Kemarin saya baru bertemu teman lama. Sudah beberapa bulan ini kami tidak bertemu. Terakhir sepertinya setelah lebaran kemarin. Karena kesibukan kami masing-masing, kami jadi jarang bertemu.

Diapun akhirnya ngajak ketemuan. Lagi ada masalah dan butuh teman curhat katanya. Demi teman, saya gantikan posisi mamah Dedeh untuk sementara. Dia mulai bercerita akan masalahnya. Sebagai teman saya hanya mencoba untuk menengahi, mencoba memberikan pendapat dari sudut pandang saya. Berusaha untuk tidak membela atau memihak siapapun.

Lalu ditengah obrolan dia bilang ” gue suka iri sama loe Mi, kayaknya hidup loe aman-aman aja”.

Saya hanya bisa tersenyum, mencari kalimat yang pas untuk menenangkan hatinya.

Roda itu berputar, kadang diatas kadang dibawah. Sama kayak kehidupan. Kadang senang kadang sedih. Kadang susah kadang bahagia.

Syukurin aja apa yang kita punya. Jangan sampai kita ngeluh terus dan akhirnya kita kehilangan hal tersebut. Ingat, penyesalan selalu datang diakhir. Disetiap masalah pasti ada hikmahnya. Memang kadang saya juga suka mengeluh atas masalah yang saya hadapi, namun saya mencoba untuk cari sisi positifnya. Menyemangati diri saya, bahwa saya mampu untuk melewati masalah tersebut.

Jangan selalu iri dengan keberhasilan orang lain terus, memang sih sisi positifnya untuk memacu kita agar lebih berusaha lagi. Tapi sesekali kita juga coba lihat orang yang ada dibawah kita agar kita bisa lebih mensyukuri apa yang sudah kita miliki.

Setiap manusia di dunia ini pasti diberikan masalah, cobaan, ujian, dll. Tidak ada manusia yang hidupnya selalu ‘aman-aman’ saja. Masalah besar atau kecil. Tergantung bagaimana cara kita menyikapinya. Dan selalu diingat Allah memberi apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan.

Screen Shot 2018-11-22 at 16.23.15

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *