Manfaat Ampas Kopi dan Teh

Saat saya sedang cek dan lihat-lihat postingan di salah satu aplikasi. Saya tertarik dengan salah satu postingan yang menginformasikan manfaat sisa kopi dan teh. Selama ini untuk ampasnya langsung saya buang . Ternyata masih bisa digunakan lagi untuk hal lainnya. Tertarik dengan hal itu langsung saya praktekkan beberapa manfaatnya dirumah. Berikut manfaat sisa kopi dan teh.

Manfaat Ampas kopi

  • Untuk mengurangi bau tidak sedap pada kulkas

Salah satu manfaat ampas kopi adalah mengurangi bau tidak sedap pada kulkas. Kita sering sekali menyimpan makanan ke dalam kulkas, tujuannya agar makanan tersebut tetap awet dan bisa dikonsumsi kembali. Namun campuran makanan yang ada dikulkas justru membuat kulkas jadi memiliki bau yang tidak sedap. Bau ini bisa dikurangi dengan meletakkan ampas kopi ke dalam mangkuk dan menaruhnya didalam kulkas. Tunggu hingga beberapa jam. Maka bau yang tidak sedap lama-lama akan berkurang.

  • Menetralkan wewangian yang menyegat

Selain untuk mengurangi bau tidak sedap pada kulkas, ternyata manfaat bubuk kopi bisa digunakan untuk menetralkan bebauan atau wewangian yang menyengat. Contohnya saat kita sedang memilih untuk membeli parfum yang cocok dengan selera kita. Kita pasti tidak puas hanya mencium satu parfum, biasanya lebih dari 3  parfum yang kita cium. Lama kelamaan hidung kita menjadi bebal. Nah saat sudah merasakan hal itu. Kita harus menghirup udara segar dan mencium bubuk kopi. Biasanya penjual parfum selalu menyiapkan bubuk kopi tersebut.

  • Menyuburkan Tanaman

Ampas kopi bisa sebagai penyubur tanaman karena memiliki kandungan fosfor, potasium, magnesium dan tembaga yang akan memberikan nutrisi yang sangat baik untuk tanah. Caranya sangat mudah, ampas kopi tersebut jangan dicuci dan langsung taburkan ampas tersebut ke tanaman Anda.

 

Manfaat Ampas Teh

  • Mengurangi kantong mata

Kandungan kafein dalam teh membantu mengecilkan pembuluh darah di bawah kulit dan dapat menghilangkan lingkaran hitam di area mata. Tanin dalam teh juga dapat membantu mengurangi bengkak di mata.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mencelupkan ampas teh (baik teh celup atau jenis teh lainnya) ke dalam air es hingga ampas menjadi benar-benar dingin. Atau, kamu juga dapat meletakkan ampas teh celup ini di dalam kulkas hingga dingin.

Setelah itu, kompreskan ampas teh kantong yang telah dingin di area kelopak mata dan diamkan selama beberapa menit. Ulangi langkah tersebut hingga kantung mata kamu berangsur-angsur menghilang dan mata kamu menjadi semakin segar.

  • Mengurangi rasa terbakar pada kulit

Ketika sering berjemur atau terkena paparan sinar matahari atau tidak sengaja kulitmu menyentuh wajan yang masih panas. Pastinya kulitmu akan terasa perih karena terbakar. Kamu bisa memulihkannya dengan meletakkan ampas teh yang dingin ke kulit yang terbakar. Dengan begitu, rasa perih akan berkurang.

  • Menghilangkan bau pada sepatu

Sepatu mengeluarkan bau yang tidak sedap bisa karena salah dalam menyimpannya, terlalu lembab karena kaki berkeringat atau belum bersih saat mencucinya. Tak jarang bau pada sepatu membuat pemakainya menjadi tidak nyaman. Salah satu manfaat teh celup adalah untuk mengurangi bau pada sepatu. Aroma khas pada teh celup bisa mengurangi bebauan tersebut. Tinggal masukkan teh celup pada sepatu dan diamkan selama semalam. Jangan lupa untuk menaruh sepatu ditempat terbuka.

Jadi mulai sekarang, jangan langsung membuang ampasnya ya. Nikmati minumannya, manfaatkan ampasnya.

 

Sumber

https://food.detik.com/info-kuliner/d-4478040/jangan-dibuang-ampas-kopi-bisa-dimanfaatkan-untuk-10-hal-ini

https://hot.liputan6.com/read/4036938/jangan-dibuang-ini-6-manfaat-ampas-teh-untuk-kecantikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *