Sayangi Telingamu

Memang seru bekerja sambil mendengarkan musik. Memang asyik menunggu sambil mendengarkan musik. Memang lebih semangat melakukan hal hal yang membosankan dengan mendengarkan musik. Terlebih menggunakan earphone, headset atau headphone.

Headphone, earphone, atau headset memang bermanfaat agar suara yang kita putar tak mengganggu sekitar kita. Saat berbicara dalam telepon, alat-alat itu juga bermanfaat agar kita bisa mendengar dengan jelas pembicaraan dari lawan bicara, apalagi jika kita berada di lingkungan yang bising.

Tapi ada dampak negatif yang akan kita rasakan bila terlalu lama mendengarkan musik menggunakan earphone apalagi dengan volume yang keras. Salah satunya merusak fungsi telinga.

Kehilangan pendengaran biasanya terjadi secara bertahap dan tanpa rasa sakit. Gejala mulai kehilangan pendengaran antara lain setelah mendengar suara keras, biasanya telinga akan berdengung atau kesulitan mendengar.

Mulailah mengistirahatkan telinga dengan cara:

  • Sebisa mungkin mengecilkan volume suara yang didengar atau dihasilkan.
  • Menghindari atau mengurangi batas waktu berada dalam tempat yang bising
  • Menghindari penggunaan headphone untuk meredam suara bising di luar
  • Gunakanlah volume yang pintar ‘smart volume’ dalam menggunakan MP3 player.
  • Jangan gunakan earphone melebihi 1,5 jam dalam satu kali sesi. Beri waktu telinga Kita untuk sesekali beristirahat sebelum larut mendengarkan musik lagi.
  • Bersihkan earphonemu dan jangan membiasakan diri berbagi earphone dengan orang lain.
  • Bila Kita akan melakukan suatu aktivitas di tempat bising, cobalah luangkan waktu untuk berhenti sejenak dan pergi ke tempat sepi untuk mengistirahatkan telinga sebelum kembali ke tempat tersebut.

Sayangi telinga Kita mulai sekarang untuk masa depan yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *