Membuat Cemilan Berbuka Puasa

Entah kenapa di bulan puasa semua minuman dan makanan terasa lebih nikmat. Ada satu makanan yang ingin saya nikmati di bulan puasa ini. Tapi untuk menikmatinya harus menunggu lama. Makanan manis nan legit ini berbahan dasar singkong. Salah satu makanan khas dari Purwokerto yaitu getuk goreng.

Pertama kali saya makan getuk goreng ini, saya langsung suka dengan rasanya yang legit. Waktu itu saudara saya yang kebetulan kuliah di Purwokerto membawakan makanan ini. Saya pernah membuat sendiri getuk goreng ini dan mempublishnya di salah satu aplikasi memasak. Alhamdulilah banyak yang suka dan ada juga yang mencobanya dirumah.

Kalau kalian ingin membuatnya juga, ayo baca postingan saya sampai habis. Untuk membuat cemilan ini cukup mudah dan simpel. Bahan-bahannya pun sangat familiar. Adapun bahan-bahannya adalah:

1 kg singkong (yang pulen)
350 gram gula merah (iris halus)
1 sdt garam
1 sachet vanili bubuk
2 lembar daun pandan
Secukupnya tepung beras (untuk dibalurkan keadonan)

Setelah menyiapkan bahan-bahannya, selanjutnya tinggal membuatnya. Untuk membuatnya pun tidak susah loh yaitu :

1. Kukus singkong dan daun pandan sampai singkong matang dan empuk. Buang serat singkong. Setelah singkong matang segera tumbuk halus bersama gula merah, garam dan vanili (jangan tunggu singkong dingin karena akan keras dan susah ditumbuk).

2. Setelah adonan singkong halus dan tercampur rata, bulatkan adonan atau bentuk sesuai selera. Lalu gulingkan adonan ke tepung beras kering. Lakukan sampai semua adonan habis.

3. Masukan ke kulkas kurang lebih 30 menit. Lalu celupkan ke campuran tepung beras dan air lalu digoreng dengan api sedang hingga matang atau berwarna kecoklatan. Note: jangan kelamaan digoreng karena adonan singkong bisa lumer. Dan Getuk Goreng siap dihidangkan..😊😊

Mudah kan untuk membuatnya. Hasilnya juga banyak. Bisa dibagikan ke tetangga. Membuat masakan sendiri itu seru loh. Harganya murah dan hasilnya berlimpah. Selamat berkreasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *