Aktivasi EFIN dan Akun DJP Online

Sebagai Warna Negara  Indonesia (WNI) yang taat hukum, sudah waktunya kita untuk melaporkan pajak penghasilan tahunan. Dengan diterapkannya sistem e-Filing yang ada di situs Direktorat Jenderal Pajak (DJP) https://pajak.go.id sekarang Wajib Pajak (WP) tidak perlu lagi menunggu antrian panjang di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) untuk melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT).

Namun untuk bisa menggunakan sistem online ini, WP harus memiliki EFIN terlebih dahulu. EFIN atau Electronic Filing Identification Number merupakan nomor identitas yang diterbitkan Ditjen Pajak kepada WP untuk melakukan transaksi elektronik atau e-filing pajak. EFIN hanya perlu diaktivasi sekali. Dan untuk permohonan EFIN ini tidak dapat diwakilkan oleh orang lain sehingga kita harus mengunjungi sendiri kantor pajak terdekat. Adapun syarat yang harus kita siapkan antara lain:

  • formulir permohonan efin (untuk formulirnya bisa diunduh disini)
  • fotocopy dan asli KTP
  • fotocopy dan asli NPWP
  • email aktif

 

Cara Daftar Akun DJP Online

Setelah WP mendapatkan EFIN, selanjutnya perlu mengaktivasi atau mendaftarkan diri sebagai WP e-Filing di situs DJP. Adapun untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka djponline.pajak.go.id/registrasi
  • Masukkan NPWP, EFIN dan kode keamanan lalu klik verifikasi.
  • Masukkan email dan no hp yang masih aktif. Lalu buat password untuk login DJP online anda, dan klik simpan.
  • Setelah klik simpan, anda akan mendapatkan email dari efiling@pajak.go.id yang berisi link untuk mengaktifkan akun DJP online anda. Satu email hanya untuk satu NPWP.
Sumber : Direktorat Jenderal Pajak

Setelah akun DJP online aktif, WP bisa segera melaporkan SPT mereka secara online. Login dan masukan nomer NPWP serta password yang sudah didaftarkan sebelumnya. Untuk penghasilan bruto yang diatas 60 juta setahun bisa menggunakan formulir 1770S dan untuk penghasilan bruto yang dibawah 60 juta dalam setahun bisa menggunakan formulir 1770SS.

Selamat mencoba dan jangan lupa lapor pajak anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *