Wash Your Hand

Tangan adalah media penularan bakteri yang sangat dekat dengan kita. Karena tangan adalah salah satu anggota badan yang sering sekali kita gunakan untuk menyentuh atau memegang sesuatu. Tak sengaja pula tangan kita menyentuh mata, hidung atau mulut padahal tangan kita sudah penuh dengan bakteri. Tangan kadang terlihat bersih secara kasat mata namun tetap mengandung kuman.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan tangan. Salah satunya dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Ada sebagian orang yang beranggapan yang penting sudah cuci tangan menggunakan air, tidak perlu pakai sabun. Tapi itu salah, karena bakteri tidak akan mati hanya karena disiram dengan air saja. Jadi yang paling efektif adalah mencuci tangan dengan menggunakan sabun, apapun sabunnya bahkan sabun untuk mencuci piring.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan tenaga medis menyarankan kita untuk rajin mencuci tangan setidaknya selama 20 detik.¬†Cara mudah memperhitungkan durasinya, dengan menyanyikan lagu ‘Selamat Ulang Tahun’ sebanyak dua kali.

Langkah pertama mencuci tangan yang benar yaitu dengan membasahi tangan seluruhnya menggunakan air bersih yang mengalir. Lalu tuangkan sabun ke seluruh bagian tangan. Gosok sabun ke telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari dan dibawah kuku. Bilas tangan dengan air bersih mengalir. Dan terakhir keringkan tangan dengan handuk bersih atau tisu.

 

 

Secara umum, kita harus mencuci tangan di waktu-waktu berikut:

  • Setelah menggunakan toilet
  • Sebelum dan sesudah makan
  • Setelah membuang sampah
  • Setelah menyentuh hewan
  • Setelah mengganti popok bayi atau membantu anak menggunakan toilet
  • Ketika tangan terlihat kotor

Kelihatannya mencuci tangan itu adalah hal yang sepele, tapi ternyata masih banyak orang yang salah kaprah dalam hal ini. Cuci tangan yang benar merupakan salah satu cara kita untuk melawan corona. Jadi sudahkah anda mencuci tangan dengan benar?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *